[Peta] Taman Mini Indonesia Indah


TMII adalah kawasan wisata yang unik. Apabila di tempat-tempat lain, Museum maupun Taman adalah sebuah objek wisata yang berdiri sendiri, maka di TMII, 27 Anjungan Daerah yang juga berfungsi sebagai museum hidup, 15 museum dari berbagai aspek, serta 10 taman, yang juga berfungsi sebagai sarana konservasi ex-situ berada dalam satu komplek di satu lokasi. Jumlah inipun masih mungkin akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Keunikan TMII yang mungkin tidak ada duanya adalah berpadunya isi dan nuansa tradisional dengan sentuhan hasil pemikiran modern yang terwujud dalam materi-materi pameran, bangunan-bangunan maupun sarana-sarana fisik, ragam acara, atraksi maupun kegiatan yang dilakukan, serta bentuk pelayanannya. Penyajian keluhuran nilai budaya tradisi masa lalu, dinamika kehidupan masyarakat dan kebudayaan di masa kini, serta harapan dan cita-cita di masa yang akan datang. yang berkesinambungan dalam perwujudan yang terpadu, menjadikan TMII sebuah kawasan wisata yang berharga.

Sudah satu kekhususan bahwa TMII mengutamakan pelestarian segala bentuk perwujudan unsur-unsur budaya Indonesia. Penekanan TMII pada pelestarian nilai-nilai budaya, tradisi ini terlihat tidak saja dalam bentuk perhatian pada adat istiadat, upacara, kesenian, benda-benda budaya, dan sebagainya, melainkan juga pada olah raga tradisional seperti pencak silat.

Di TMII yang merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia pengunjung selain dapat menikmati fasilitas rekreasi di luar ruangan (out door recreation) dengan lingkungan terbuka hijau yang memadai juga dapat menimba pengetahuan dan informasi mengenai banyak hal yang menarik di sekitar kehidupan manusia dalam kaitannya dengan masyarakat, kebudayaan dan lingkungan Indonesia. Untuk sekedar jalan-jalan, belanja, makan, nonton, ataupun untuk kepentingan yang lebih serius seperti studi dan bahkan penelitian. TMII adalah tempat yang tepat.

JENIS PELAYANAN

Hampir setiap saat, di setiap hari, khususnya hari-hari libur dan hari besar lainnya, di anjungan-anjungan daerah maupun di panggung-panggung seni yang tersedia di kawasan TMII, acap digelar beragarn atraksi seni budaya yang menarik. Selain itu, diwaktu-waktu tertentu dan dalarn peristiwa peristiwa khusus, TMII juga menggelar acara-acara khusus.

Acara-acara tersebut antara lain adalah Paket Acara Khusus yang secara bergiliran diselenggarakan oleh Anjungan-anjungan Daerah. Paket ini menampilkan beragam aspek dan corak seni budaya daerah, baik dalam bentuk pergelaran seni ataupun upacara adat, lengkap dengan sajian makanan khas, kerajinan tangan, serta berbagai potensi pariwisatanya.

Acara-acara khusus lain, seperti parade Tari Daerah, Parade Lagu Daerah, dan lain sebagainya, biasanya disajikan untuk mengisi dan memeriahkan sejumlah pekan yang diselenggarakan secara rutin oleh TMII. Pekan-pekan tersebut adalah HUT TMII, Pekan Liburan Sekolah, Pekan Agustus, Pekan Wira Budaya, Pekan Desember, Pekan Sura, Pekan Lebaran dan Pekan Haji.

Selain itu, TMII juga melayani konsultasi bermacam aspek kehidupan yang berkaitan dengan kebudayaan, sesuai kebutuhan masyarakan. Misalnya, secara rutin TMII melalui Museum Pusakanya melayani konsultasi mengenai pusaka dan beragam aspeknya. Pada waktu-waktu tertentu, melalui pekan Penyembuhan Tradisional, TMII membuka kesempatan pada pengunjung untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan. Demikian pula dengan keperluan-keperluan lainnya, seperti untuk menyelenggarakan secara adat pesta pemikahan, inisiasi dalarn siklus hidup manusia, ruwatan dan sebagainya.

WAKTU PELAYANAN

Dengan memperhatikan kebutuhan para pengunjung dan melihat misi TMII dalam melestarikan pelayanan 7 hari dalam seminggu dan 9 jam dalam sehari. sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 wib. Di luar waktu pelayanan tersebut, disaat-saat khusus TMII juga menyelenggarakan berbagai acara yang dapat djsaksikan hingga pada malam hari, misalnya, pergelaran wayang semalam suntuk dan lain-lain. Sementara dengan adanya dua sarana akomodasi (Graha Wisata Remaja dan Desa Wisata), maka pengunjung yang ingin memanfaatkan sarana tersebut dapat dilayani dalam 24 jam.

TANDA MASUK

Untuk memasuki kawasan TMII, setiap pengunjung harus memiliki tanda masuk. Untuk pembelian tanda masuk pengunjung umum, khusus bagi pelajar, mahasiswa maupun pengunjung rombongan. TMII memberikan potongan harga yang menarik. Keringanan tersebut dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan sebelum hari kunjungan.

Disamping keringanan dalam bentuk potongan harga, TMII juga memberikan kemudahan pelayanan dalam bentuk pilihan paket pelajar dan paket umum. dimana dalam satu paket beberapa objek yang divariasikan dapat dikunjungi dengan harga menarik.

Peta TMII [lama]

Klik untuk memperbesar

Format                           : JPEG
File size                        : 149 KiB
Width                            : 1 024 pixels
Height                           : 606 pixels

UPDATE

File name: taman_mini_indonesia_indah_map_id.png

File type: image/png

Upload date: March 27, 2012

Dimensions: 1169 × 757

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s